Keunggulan Jaringan 5G, Membantu Kehidupan di Masa Depan

keunggulan jaringan 5g

Perkembangan teknologi kian meningkat dari tahun ke tahun, salah satunya adalah teknologi seluler jarigngan 4G yang kini mulai beralih ke jaringan 5G. Namun, apa saja keunggulan jaringan 5G?

Jaringan 5G seolah menjadi terobosan baru dalam menyajikan beragam kebutuhan masyarakat melalui internet yang lebih cepat.

Dengan lahirnya terobosan terbaru, 5G akan melahirkan teknologi masa depan yang lebih baik.

Dalam hal ini, kecepatan internet yang menjadi manfaat jaringan 5G akan mengembangkan teknolgi-teknolgi baru dan perkembangan yang semakin meningkat.

Jaringan 5G dinilai memiliki kecepatan unduhan lebih cepat daripada kecepatan internet 4G.

Tentunya, internet 5G akan memberikan banyak mafaat untuk banyak aspek dalam kehidupan di masa sekarang hingga masa yang akan datang.

Untuk mengetahui secara jelas mengenai manfaat jaringan 5G dalam mendukung kehidupaan yang akan datang, yuk simak ulasan berikut:

Keunggulan Jaringan 5G:

1. Koneksi Internet Lebih Cepat

Keunggulan jaringan 5G memberikan pengaruh pada koneksi internet dan sangat berperan penting.

Jaringan 5G akan memberikan kecepatan yang stabil dengan menerapkan latensi lebih rendah dibandingan versi sebelumnya.

Dengan begitu, kegiatan browsing akan lebih cepat dan lancar, baik untuk mengunduh maupun mengunggah file berkapasitas besar dalam waktu singkat.

Selain itu, ketika kalian melakukan streaming video dengan resolusi tinggi mencapati 4k pun tidak akan tergganggu saat menggunakan internet jaringan 5G.

2. Mendukung Cloud Gaming

Keunggulan jaringan 5G selanjutnya aadalah latensi rendah saat digunakan untuk bermain game.

Di mana, dengan latensi rendah membuat tidak adanya jeda waktu pada tansmisi data dari pengirim ke penerima.

Hal ini tentunya akan memberikan respon permainan pada pergerakan lawan terlihat lebih cepat.

Tidak hanya itu, jaringan 5G juga membantu pemain menikmati layanan Could Gaming untuk bermail secara langung melalui smartphone untuk game-game seperti Xbox One, Playstation atau bahkan komputer.

3. Mengendalikan Drone

Saat ini penggunaan drone sudah banyak digunakan di berbagai sektor industri seperti minyak, gas, pertanian, pemetaan, militer, entertaint, dan masih banyak lagi.

Dalam sektor industri, biasanya kamera drone akan membantu roses pengawasan setiap kegiatan operasional pabrik secara langsung.

Dengan adanya jaringan 5G, pengendailan perangkat drona dengan tingkat persisi yang tinggi dan kemampuan mengirim video beresolusi tinggi secara langsung adalah hal yang mungkin terjadi.

4. Mendukung Game VR dan Ar

Teknologi Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR) terus mengembangkan sayapnya. Di mana, hal yang menjadi permasalahan perangkat teknologi terebut adalah latensi atau jeda waktu.

Dengan penggunaan jaringan 5G, maka koneksi yang terhubung akan lebih stabil sehingga menghasilkan latensi yang lebih cepat dengan  hanya hitungan detik saja.

Dengan begitu, bermain game VR dan AR akan terasa lebih real-time dan realistis tana hambatan jeda waktu.

5. Jaringan yang Lebih Luas

Salah satu keunggulan jaringan 5G selain kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dibandung sebelumnya.

Dengan jaringan 5G tidak perlu terlalu bekerja keras dalam mencari sinyal 5G, tidak seperti pada perangkaat 4G dan 3G. Beban kinerja perangkat 5G terbilang jauh lebih ringan yang berdampak pada efisiensi daya.

Selain itu, cakupan jaringan yang lebih luas ini dapat menjadi solusi ketika hingga saat ini jaringan 4G memilki kelemahan yang sering diperbicangkan.

Jaringan 5G tidak hanya bisa dinikmati masyarakat kota saja, melainkan masyarakat desa pun bisa menikmati jaringan 5G dan bisa merasakan keunggulan jaringan 5G.

Sehingga dengan menggunakan jaringan 5G akan lebih banyak masyarakat yang dapat menikmati kemajuan teknologi internet saat ini.

Oleh karena itu, dengan jaringan ini, kedepanya masyarakat yang tinggal di berbagai pelosok tanah air pun bisa dengan lebih mudah mengakses internet untuk berbagai kebutuhan, mulai dari eksis di media sosial, menjadi youtuber, mengikuti perkembangan zaman, dan masih banyak lagi.

6. Harga Paket Data Lebih Murah

Keunggulan dengan menggunakan jaringan 5G yang lain itu semakin murah harga paket data internet yang dijual oleh para penyedia layanan internet di berbagai lokasi di Indonesia.

Namun, jangan sampai salah paham, yang dimaksud dengan semakin murahnya harga paket data merupakan harga yang dihitung per GigaByte.

Hal ini memang kerap terjadi setiap kali muncul generasi teknologi terbaru, maka senajun murah biaya produksi yang dikeluarkan sehingga semakin murah pula harga yang bisa dipatok oleh para penyedia layanan.

Oleh karena itu, meskipun kita tetap akan mengeluarkan biaya yang kurang lebih sama dengan biaya yang kita keluarkan untuk membeli paket data internet saat ini, namun sudah dapat dipastikan bahwa dengan biaya tersebut, kita akan mendapatkan paket data yang lebih besar saat menggunakan jaringan 5G.

Berikut adalah keunggulan jaringan 5G yang dapat membantu kehidupan kalian seiring perkembangan zaman. Dan saat ini sudah banyak pillihan provider yang sudah menggunakan jarigan 5G diantaranya Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredo.